Senin, 22 Januari 2018

Definisi Internet Banking Menurut Para Ahli

Internet banking atau e-banking sudah menjadi kebutuhan yang mendesak saat ini. Tak perlu lagi ke kantor pos atau bagian pengiriman untuk mengirimkan uang. Cukup dengan teknologi yang dihadirkan oleh internet banking semua bisa dilakukan, terutama untuk transfer atau kirim uang. Sistem keamanan pun terlindungi dengan tambahan layanan VPN murah yang mampu mengenkripsi data user sehingga lebih aman.

Nah..., jika kebutuhan internet banking begitu besar... tentunya Anda harus tahu dulu definisi dari internet banking menurut para ahli yang akan saya jabarkan di bawah ini:

Baca Juga:
Cara Menggunakan VPN Murah di PC Tanpa Software

Internet banking is the use of the internet as remote delivery channel for banking services, including traditional services, such as opening a deposit account or transferring funds among different account, as well as new banking services, such as electronic bill presentment and payment, which allow customers to receive and pay hill over bank's website.

Definisi Internet Banking Menurut Para Ahli
Definisi Internet Banking Menurut Para Ahli

Pengertian ini tidak jauh berbeda dengan pendapatnya Efraim Turban, meskipun ia memberikan istilah internet banking dengan istilah online banking. Selengkapnya, ia menyatakan: "online banking, includes various banking activities conducted from home, business, or on the road instead of at a physical bank location.

Dari pengertian ini, dapat didefinisikan secara sederhana bahwa internet banking merupakan suatu bentuk pemanfaatan media internet oleh bank untuk mempromosikan dan sekaligus melakukan transaksi secara online, baik dari produk yang sifatnya konvensional maupun yang baru.

Secara konseptual, lembaga keuangan bank dalam menawarkan layanan internet banking dilakukan melalui dua jalan, yaitu pertama, melalui bank konvensional (an existing bank) dengan representasi kantor secara fisik menetapkan suatu website dan menawarkan layanan internet banking pada nasabahnya dan hal ini merupakan penyerahan secara tradisional. Kedua, suatu bank mungkin mendirikan suatu "virtual” "cabang," atau "internet" bank. didirikan suatu Virtual bank dapat menawarkan kepada nasabahnya kemampuan untuk penyimpanan deposito dan tagihan dana pada ATM atau bentuk lainnya yang dimiliki.

Kehadiran layanan internet banking melalui home banking dan wireless banking, ternyata telah mengubah secara dramatis terhadap pola interaksi antara lembaga keuangan dengan nasabahnya. Dengan, disediakannya fasilitas layanan internet banking, nasabah bank mendapatkan keuntungan berupa fleksibilitas untuk melakukan kegiatan setiap saat.

Nasabah juga dapat mengakses layanan internet banking melalui personal computer, ponsel atau media wireless lainnya. Namun demikian, layanan internet banking di-setting sebagai sebuah channel baru dan customer touchpoint. Untuk membuat layanan internet banking memberi keuntungan, lembaga keuangan bank harus menyediakan bagian integral dari strategi multichannel yang membolehkan nasabah bagaimanapun, kapanpun, di mana pun mereka dapat bertransaksi.

Sebagai dasar untuk menciptakan strategi multichannel, lembaga keuangan bank harus menyediakan fasilitas layanan internet banking yang a real time dan cross-channel view dari semua informasi nasabah. Dengan pandangan demikian, lembaga keuangan bank dapat merespons dengan segera untuk setiap kontak/transaksi dengan nasabah, memperbaiki layanan nasabah, membuka kesempatan keuntungan untuk penjualan secara silang, dan juga dengan layanan internet banking ini diharapkan lembaga keuangan mampu masuk pada generasi selanjutnya dari retail banking.

Baca Juga:
Tips Mencegah Terjadinya Serangan Cyber, Gunakan VPN Salah Satunya

Dalam melakukan transaksi, baik antara bank dengan nasabahnya, bank dengan merchant, bank dengan bank, dan nasabah dengan nasabahnya. Namun demikian, kemudahan ini bukanlah berarti tanpa memiliki risiko. Di samping layanan internet banking memberikan kemudahan, juga pada kenyataannya memiliki beberapa risiko. Risiko ini sifatnya baru dan sekaligus merupakan tantangan bagi para praktisi di bidang layanan internet banking.

Sekarang Anda jadi lebih tahu kan definisi dari internet banking. Jangan lupa untuk selalu menggunakan VPN murah sebagai perlindungan akun Anda saat bertransaksi online dengan e-banking.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon